Sistem Komputer

| |
COMPUTER HARDWARE
Komputer adalah sebuah mesin yang dapat diprogram untuk menerima data (input),
memprosesnya untuk menghasilkan informasi (output), dan kemudian menyimpannya
ke media penyimpan (Secondary Storage).

Input-Process-Output Model



– Input: keyboard, mouse, microphone, camera
– Output: disk file, printer, video monitor, sound card
– Storage: floppy disk, hard disk, zip disk, tape, flash disk, compact disk
– Process: arithmetic/logical/sorting/match operations



Komputer memiliki 3 komponen utama yaitu :
1. Hardware (Perangkat Keras) adalah peralatan yang langsung dihubungkan ke
komputer.
2. Software (Perangkat Lunak) adalah kumpulan instruksi yang memerintahkan
komputer untuk melakukan sesuatu.
3. Brainware (Manusia) merupakan orang yang menggunakan komputer untuk
keperluan tertentu.



Komponen Dasar Komputer :

Motherboard : adalah papan sirkuit yang ditempeli dengan CPU, memori
utama, video card, RAM, serta berbagai komponen lain yang mendukung
kinerja suatu computer.



CPU (Central Processing Unit) : menunjuk ke bagian dari komputer yang
memahami dan melaksanakan instruksi dan data yang terdapat dalam
perangkat lunak. Istilah yang lebih umum prosesor kadangkala digunakan
untuk menunjuk ke CPU. Mikroprosesor adalah CPU yang diproduksi dalam
sirkuit terpadu, seringkali dalam sebuah paket chip-tunggal. Sejak pertengahan
1970-an, mikroprosesor chip-tunggal ini telah menjadi umum dan penting
dalam implementasi CPU.


Chasing : bentuknya bermacam-macam yaitu tempat untuk meletakkan semua
komponen (perangkat keras komputer).



Memory : adalah sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat
diakses dalam urutan acak. Ini berlawanan dengan alat memori urut, seperti
tape magnetik, disk dan drum, di mana gerakan mekanikal dari media
penyimpanan memaksa komputer untuk mengakses data secara berurutan.
Biasanya RAM dapat ditulis dan dibaca, berlawanan dengan memori-baca-saja
(read-only-memory, ROM), RAM biasanya digunakan untuk penyimpanan
primer (memori utama) dalam komputer untuk digunakan dan mengubah
informasi secara aktif, meskipun beberapa alat menggunakan beberapa jenis
RAM untuk menyediakan penyimpanan sekunder jangka-panjang.



Tipe Memory :
a. RAM (Random Access Memory)
- FPM DRAM
Fast Page Mode (FPM) DRAM
Standar DRAM diakses dengan menggunakan teknik yang
dinamakan paging. Akses memori secara normal membutuhkan
kolom dan baris yang dipilih dimana membutuhkan waktu. Paging
membuat akses memori menjadi lebih cepat dengan cara
memberikan alamat baris secara tetap dan hanya mengganti kolom.
Memori yang menggunakan teknik ini dinamakan Page Mode atau
Fast Page Mode memory. Variasi lain dari FPM Ram adalah Static
Column atau Nibble Mode Memory.
- EDO RAM
EDO (Extended Data Out) RAM
Pertama kali digunakan pada mesin Pentium pada tahun 1995. EDO
Ram adalah hasil modifikasi dari FDM memori. EDO ditemukan dan
dipatenkan oleh Micron Technology.
Burst EDO
Merupakan variasi dari EDO adalah Burst Extended Data Out
Dynamic Random Access Memory (BEDO RAM).
BEDO pada dasarnya adalah memori EDO yang menggunakan burst
features untuk menambah kecepatan transfer data dibandingkan
dengan EDO standard.
Kenyataannya hanya ada satu chipset yang mendukung penggunaan
memori ini yaitu Intel 440FX Natoma. Memori ini hanya dipakai
sebentar kemudian digantikan dengan SDRAM.
- SD RAM
Synchronous DRAM, adalah type DRAM yang berjalan dengan
mensinkronisasikan dengan bus memory. DRAM mengirimkan
informasi dengan kecepatan yang luar biasa. Dimulai pada tahun
1997 dengan chipset 430VX dan 430TX, sebagian besar dari Chipset
Intel sudah mendukung penggunaan SDRAM yang menjadikannya
populer di system yang baru.
- DDR
Double Data Rate (DDR) SDRAM adalah design evolusi terbaru dari
SDRAM standar yang dapat mengirimkan data dua kali lebih cepat.

b. ROM (Read Only Memory)
Merupakan type memori yang secara permanen atau semi permanen
menyimpan data. Dinamakan read-only karena sangat sulit atau bahkan
tidak mungkin untuk menulis ke dalam memori jenis ini. ROM sering
disebut sebagai nonvolatile memory karena data yang telah disimpan ke
dalam memori ini akan tetap berada di situ, bahkan ketika catu daya
dimatikan.

ROM memiliki 4 program utama yaitu :
1. POST (Post On Self Power). Kumpulan dari perintah untuk
mengetes semua komponen system berjalan sebagaimana mestinya.
2. CMOS Setup. Aplikasi yang mengijinkan pengguna untuk mengeset
konfigurasi system, option, setting keamanan dan preferences.
3. Bootstrap Loader. Fungsi yang pertama kali melakukan scan
terhadap Floopy drive dan hardisk untuk mencari sitem operasi
untuk dijalankan.
4. BIOS (Basic Input/Output System). Kumpulan dari driver yang
didesain untuk melakukan pengaturan terutama perangkat keras
yang dijalankan selama proses boot.
Empat macam Chipset ROM :
1. ROM (Read Only Memory).
2. PROM (Programmable ROM).
3. EPROM (Erasable PROM).
4. EEPROM (Electrically Erasable PROM) sering juga disebut flash ROM.

Monitor : merupakan sebuah output device yaitu untuk menampilkan data
atau informasi ke layar.


Hard disk (Hard Drive): merujuk kepada sebuah komponen yang digunakan
untuk menyimpan data, yang terpasang di dalam komputer dan dapat
menyimpan data dengan lebih banyak dibandingkan dengan penyimpan data
portabel seperti disket, CD-ROM, atau kaset.
Data-data dalam hard disk disimpan di permukaan magnetis yang berputar.



Floopy Drive : adalah sebuah perangkat penyimpanan data yang terdiri dari
sebuah medium penyimpanan magnetis bulat yang tipis dan fleksibel dan
dilapisi lapisan plastik berbentuk kotak atau persegi panjang.
Disket "dibaca" dan "ditulis" menggunakan floppy disk drive, yang terletak di
CPU. Kapasitas disket yang paling umum adalah 1,44 MB (seperti yang tertera
pada disket), meski kapasitas sebenarnya adalah sekitar 1,41 MB.



CD Room
Gambar 2.11 CD Drive
Compact Disk (CD) : adalah sebuah piringan optik yang digunakan untuk
menyimpan data digital, yang pada awalnya dikembangkan untuk menyimpan
audio digital. CD diperkenalkan pada tahun 1982, dan tetap menjadi format
standar pemutaran rekaman audio komersial per pertengahan 2006. Sebuah CD
audio mengandung satu atau lebih track stereo yang disimpan dengan coding
16-bit PCM pada rasio sampling 44.1 kHz. CD standar memiliki diameter 120
mm atau 80 mm. Piringan 120 mm dapat menampung sekitar 80 menit audio.
Piringan 80 mm, yang kadang digunakan untuk CD single, menampung sekitar
20 menit audio. Teknologi piringan kompak kemudian diadopsi untuk digunakan
sebagai alat penyimpan data, dikenal sebagai CD-ROM, dan untuk media yang
dapat ditulis sekali dan berulang kali (CD-R and CD-RW). CD-ROM dan CD-R
tetap digunakan secara luas dalam industri PC per tahun 2006. CD dan jenisjenis
pengembangannya telah sukses secara luar biasa: pada tahun 2004,
penjualan dunia untuk CD-Audio, CD-ROM, and CD-R mencapai sekitar 30
milyar keping.




VGA Card : VGA atau Video Graphics Adapter adalah standar tampilan
komputer yang dipasarkan IBM pada tahun 1987.
Kartu VGA berguna untuk menerjemahkan output (keluaran) komputer ke
monitor. Untuk menggambar/desain grafis ataupun untuk bermain game, kita
perlu VGA yang tinggi kekuatannya. Saat ini ada VGA dengan memori 16,
32,64,128,256 megabyte. Jenisnya yang terkenal adalah GeForce buatan
perusahaan Nvidia.


Keyboard, kibor atau papan ketik adalah peralatan mengetik yang digunakan
untuk menginput (memasukkan) teks dan juga untuk mengontrol
pengoperasian komputer.
Keyboard terdiri dari tombol-tombol berbentuk kotak yang disusun padanya.
Tombol-tombol tersebut mempunyai huruf atau simbol yang tercetak di atasnya
yang menunjukkan huruf atau simbol yang akan ditampilkannya di monitor bila
ditekan. Selain itu bila kita menggabungkan dua tombol dengan menekannya
bersamaan, kita kadang akan mendapatkan fungsi atau input khusus.
Ada berbagai jenis tata letak tombol-tombol pada keyboard, namun yang paling
populer digunakan adalah tata letak QWERTY, yang sebenarnya merupakan
tata letak mesin ketik yang paling populer.
QWERTY adalah salah satu jenis tata letak tombol-tombol pada keyboard.
Tata letak QWERTY ini pertama kali di gunakan pada sebuah mesin tik buatan
E. Remington pada tahun 1874.
Keyboard tipe baru biasanya mempunyai tombol-tombol tambahan pada bagian
atasnya (di atas tombol F1, F2, dll) untuk mempermudah pengguna dalam
mengakses isi komputer. Selain itu, keyboard baru juga banyak yang nirkabel.




Mouse adalah alat yang digunakan untuk memasukkan data ke dalam
komputer selain keyboard. Mouse berbentuk seperti seekor tikus yang menjadi
asal nama bahasa Inggrisnya (mouse).
Mouse pertama kali diciptakan pada tahun 1963 oleh Douglas Engelbart dengan
1 tombol dan terbuat dari kayu. Model kedua kemudian sudah dilengkapi
dengan 3 tombol. Pada 1970, Douglas Engelbart memperkenalkan mouse yang
dapat mengetahui posisi X-Y pada layar komputer, mouse ini dikenal dengan
nama "'X-Y Position Indicator'".
Bentuk mouse yang umum adalah dua tombol - masing-masing di kiri dan
kanan yang bisa "diklik". Meskipun begitu, komputer-komputer Macintosh
umumnya menggunakan mouse satu tombol.
Mouse bekerja dengan menangkap gerakan menggunakan bola yang
menyentuh sebuah permukaan yang keras dan rata. mouse yang lebih baru
biasanya tidak mempunyai bola; menggunakan sinar optik untuk mendeteksi
gerakan pemakai. Selain itu, ada pula yang sudah menggunakan teknologi
nirkabel, baik itu yang berbasis radio, inframerah maupun bluetooth.


Komponen Tambahan :
1. Sound Card : Kartu suara (Sound Card) adalah suatu perangkat keras komputer
yang digunakan untuk mengeluarkan suara. Pada awalnya, Sound Card hanyalah
sebagai pelengkap dari komputer. Namun sekarang, sound card adalah perangkat
wajib di setiap komputer. Dilihat dari cara pemasangannya, sound card dibagi 3:
1. Sound Card Onboard, yaitu sound card yang menempel langsung pada
motherboard komputer.
2. Sound Card Offboard, yaitu sound card yang pemasangannya di slot ISA/PCI
pada motherboard. Rata-rata, sekarang sudah menggunakan PCI.
3. Soundcard External, adalah sound card yang penggunaannya disambungkan ke
komputer melalui port eksternal, seperti USB atau FireWire.
Untuk memainkan musik MIDI, pada awalnya menggunakan teknologi FM
Synthesis, namun sekarang sudah menggunakan Wavetable Synthesis Sedangkan
untuk urusan digital audio, yang dulunya hanyalah 2 kanal (stereo), sekarang
sudah menggunakan 4 atau lebih kanal suara (Surround). Kualitas nya pun sudah
meningkat dari 8 bit, kemudian 16 bit, dan sekarang sudah 24 bit, bahkan 32 bit.
Salah satu contoh sound card yang terbilang sangat sukses adalah Sound Blaster,
dari Creative Labs.

2. LAN Card
LAN Card adalah alat yang digunakan untuk menyambungkan 2 buah komputer
atau lebih dengan menggunakan media transmisi seperti kabel, infra merah dan
lain sebagainya.


3. CD Writer / DVD Writer
Alat ini digunakan untuk melakukan backup data ke sebuah Compact Disk.

4. Modem
Modem (Modulator Demodulator) merupakan sebuah alat yang dapat mengubah
sinyal analog menjadi sinyal digital dan sebaliknya sinyal digital menjadi sinyal
analog.
5. Card Reader
6. Microphone
7. Camera







II COMPUTER SOFTWARE
Software (Perangkat Lunak) digunakan untuk memerintahkan mesin untuk melakukan
sesuatu.
Copyright dan Copyleft
COPYRIGHT yang disebut dengan Hak Cipta, belakangan muncul istilah
Copyleft yang diciptakan sebagai bentuk perlawanan terhadap copyright. Tetapi tidak
berarti copyleft menentang perlindungan terhadap hak cipta seseorang. Justru copyleft
memanfaatkan aturan dalam copyright, tetapi dengan tujuan yang berbeda.
Copyleft tidak berambisi menjadikan suatu karya cipta sebagai milik pribadi,
tetapi justru menginginkan agar karya cipta yang berbentuk perangkat lunak tersebut
tetap bebas (free software).
Para pengembang perangkat lunak berpemilik menggunakan hak cipta untuk
menghilangkan kebebasan para pengguna. Sementara itu, penganut Copyleft
menggunakan hak cipta untuk menjamin kebebasan para penggunanya. Itu sebabnya
mengapa istilah Copyright (hak cipta) diplesetkan menjadi Copyleft. Jadi dapat
dijelaskan penggunaan free software yang memang dapat digandakan tanpa harus
mendapat izin khusus dari pencipta atau pemegang hak ciptanya bukanlah sebuah
tindakan pembajakan.
Yang harus diperhatikan hanyalah penggunaan free software itu harus patuh
terhadap aturan General Public License (GPL) yang menghendaki setiap pendistribusian
ulang perangkat lunak berstatus Copyleft haruslah tetap bebas. Kebimbangan dari segi
Hukum telah menyebabkan perusahaan bimbang dalam menggunakan program
komputer berbasis free software. Kepastian dalam bidang hukum terutama dalam
bidang hak cipta berkaitan dengan aspek penggunaan dan juga pengembangan free
software dapat menjadi suatu insentif dalam perkembangan beragam free software.
Copyleft merupakan metoda umum untuk membuat sebuah program menjadi
perangkat lunak bebas, serta menjamin kebebasannya untuk semua modifikasi dan
versi-versi berikutnya.
Cara termudah untuk membuat sebuah program bebas ialah meletakkannya di
public domain tanpa hak cipta. Jika berniat baik, cara ini memang dapat menjadi sarana
saling berbagi program serta melakukan perbaikan. Namun tanpa niat baik, ada
kemungkinan untuk mengubah program tersebut menjadi perangkat lunak berpemilik.
Dengan sedikit (atau banyak) perubahan, program tersebut dapat didistribusikan
kembali sebagai perangkat lunak berpemilik. Orang yang menerima program yang telah
diubah tersebut tidak lagi memiliki kebebasan sebagai mana yang diberikan oleh
pembuat aslinya; karena dirampas oleh para perantara.
Beberapa kalangan developer dan vendor menganggap terlalu ketatnya lisensi
GPL di atas, sekali GPL maka turunan karya software harus GPL juga, hal ini
mengurangi pengembangan yang dibutuhkan oleh vendor atau developer tertentu
sebagai bentuk Free as Free Speech, tidak hanya Free sebagai Freedom. Beberapa
evangelist Free Software seperti Bruce Perens dan Eric Raymond membentuk Open
Source Initiative (OSI) dengan konsep Open Source Software (OSS) di tahun 1998 yang
mengembangkan konsep Open Source yang lebih lebar dibandingkan dengan Free
Software, sehingga Free Software atau GPL compliant atau tunduk dalam konsep Open
Source yang lebih open.


Definisi Open Source dari OSI saat ini sudah mencapai versi 1.9 dengan sepuluh
konsep yaitu:
1. Free Redistribution. Bebas untuk didistribusikan ulang.
2. Source Code. Source code harus tersedia bebas.
3. Derived Works. Boleh dimodifikasi/diturunkan dengan lisensi yang sama.
4. Integrity of The Author’s Source Code. Source code asli boleh restricted
(didistribusikan tanpa dimodifikasi) asal memperbolehkan distribusi
modifikasi/turunan dalam bentuk patch.
5. No Discrimanations Againts Persons or Groups. Tak ada diskriminasi terhadap
orang atau kelompok tertentu.
6. No Discrimanations Againts Fields of Endeavor. Tak ada diskriminasi terhadap
pemakaian dalam bidang tertentu.
7. Distribution of License. Lisensi harus disertakan dalam setiap produk software
dan turunannya.
8. License Must Not Be Specific to a Product. Lisensi tidak boleh hanya untuk
produk tertentu.
9. License Must Not Restrict Other Software. Lisensi tidak boleh membatasi
software lain.
10. License Must Be Technology-Neutral. Lisensi harus netral terhadap teknologi
pendistribusian, misalnya tidak boleh mendistribusikan hanya dalam media
CDROM saja.

Lisensi
Lisensi merupakan perangkat hukum yang berbeda dibandingkan dengan pengalihan
hak cipta. Pihak yang mendapatkan lisensi program komputer bukan merupakan
pemilik dari program komputer. Lisensi hanyalah sebuah izin yang diberikan oleh
pemilik hak cipta kepada pihak lain untuk menggunakan beberapa hak yang dimiliki
oleh pencipta dan sama sekali bukan merupakan pengalihan kepemilikan atas hak
cipta.

Software dapat dikategorikan menjadi tiga berdasarkan cara mendapatkannya :
Freeware
Program / aplikasi yang bisa didapatkan secara gratis dan dapat digunakan oleh
pengguna secara bebas.

Shareware
Program / aplikasi yang bisa didapatkan secara gratis dan dapat digunakan oleh
pengguna secara bebas tetapi biasanya pembuat program mengharapkan kontribusi
dari pengguna programnya. Kontribusi ini biasanya berupa uang.

Commercial
Program / aplikasi yang biasa digunakan oleh pengguna pada umumnya. Biasanya
dikemas dalam sebuah box (kotak) yang berisi CDRom/Disket dan buku panduan.
Untuk dapat menggunakan program ini pengguna harus membelinya.


Software terbagi menjadi 2 :

1.System Software
System software atau yang biasa disebut sebagai Operating System (sistem
operasi) dibuat oleh berbagai perusahaan atau komunitas internet tertentu. Sistem
operasi banyak berupa software komersial tetapi ada juga beberapa yang dapat
diperoleh dengan gratis.
Contoh system software:
- DOS (Disk Operating System)
- Linux
Linux pertama kali diperkenalkan oleh seorang mahasiswa univesitas Helsinki,
finlandia yang bernama Linus Benedict Troval pada tahun 1991. Pada awal perkembangannya, kode sumber ( source code) Linux disediakan secara bebas di
internet sehingga memungkinkan semua pemrogram di seluruh dunia untuk ikut
berpartisipasi dalam mengembangkan sistem operasi ini.
Sejalan dengan perkembangan jaman Linux dikembangkan oleh beberapa
komunitas yang berbeda sehingga menghasilkan banyak varian dari linux.
Contoh varian atau distro yang banyak digunakan adalah redhat, mandriva,
suse, trustix merdeka, ubuntu, kubuntu, edubuntu, slackware dll.
- Windows
Windows dibuat oleh perusahaan Microsoft dibawah pimpinan Bill Gates.
Windows merupakan salah satu sistem operasi yang hampir 90% digunakan
oleh masyarakat indonesia. Saat ini Windows mulai tergeser oleh Linux
dikarenakan sistem operasi ini merupakan shareware sehingga apabila
menggunakan windows harus membelinya.
- FreeBSD
- Mac OS
- Be Os
- Windows CE

2. Applications Software
Applications Software dibuat oleh seorang programer komputer. Programer adalah
orang yang men-design, menulis, mengetes dan mengimplementasikan software.
Contoh :
- Microsoft word
- Kword
- MyOB
- Peachtree
- SPSS

Task Oriented Software
a. Word Processing



b. Electronic Spreadsheet

c. Database management
Database merupakan kumpulan beberapa data terstruktur yang mempunyai subyek
yang sama.


















d. Graphics



e. Communications
Komunikasi yang paling umum digunakan adalah dengan menggunakan internet.
Agar dapat menggunakan Internet diperlukan sebuah aplikasi yang dinamakan
browser.
Contoh browser :
1. Opera
2. Mozilla Firefox
3. Internet Explorer
4. Netscape
5. Konqueror
6. dll
f. Office suite
Sejak orang membutuhkan beberapa macam software aplikasi maka orang tidak
lagi membeli satu aplikasi dari produsen A dan kemudian membeli aplikasi yang lain
dari produsen B karena hal ini akan menjadikan masalah kompatibilitas.
Contoh office suite :
1. Microsoft Office
2. Open Office
3. Star Office



III CENTRAL PROCESSING UNIT
Pendahuluan
Sejarah CPU dimulai pada tahun 1971, ketika sebuah perusahaan kecil tidak
terkenal, Intel, untuk pertama kalinya menggabungkan beberapa transistor untuk
membuat Central Processing Unit ke dalam sebuah chip yang disebut intel 4004. Ini
merupakan 8 tahun sebelum PC pertama dibuat.






What is a CPU?


CPU merupakan sebuah pusat kontrol yang mengkonversi data menjadi sebuah
informasi. Fungsinya adalah melaksanakan (execute) program yang disimpan di dalam memori utama (main memori) dengan mengambil instruksi, memeriksa instruksi dan
melaksanakan (execute) instruksi demi instruksi.
Register merupakan memori kecil laju tinggi yang digunakan untuk menyimpan
hasil sementara dan informasi kendali tertentu
CPU terdiri dari 2 bagian yaitu :
1. Control Unit
Bertugas mengambil instruksi dari memori utama, dan menentukan jenis instruksi.
2. Arithmetic/Logic Unit
ALU berisi sirkuit elektronik yang mengeksekusi semua operasi aritmatik dan
logika.
ALU dapat melakukan 4 macam operasi matematika yaitu : penjumlahan,
pengurangan, pembagian dan perkalian, selain itu juga dapat melakukan operasi
logika yang biasannya berisi operasi perbandingan.

Tiga kondisi yang dapat ditest oleh operasi logika :
1. Equal-to condition (=)
2. Less-than condition (<)
3. Greather-than condition (>)



FLOATING POINT UNIT (FPU)
FPU merupakan sebuah mathematical co-processor yang dibutuhkan supaya dapat
melakukan perhitungan matematika dengan lebih baik. Saat ini FPU sudah digabung ke
dalam processor.


Eksekusi instruksi
CPU melaksanakan tiap instruksi dalam langkah-langkah sebagai berikut :
1. Ambil instruksi yang akan dijalankan dari memori dan masukkan ke register instruksi.
2. Perbarui pencacah program sehingga menunjukkan instruksi berikutnya.
3. Tentukan jenis instruksi yang baru saja diambil.
4. Bila instruksi ini menggunakan data di dalam memori tentukan dimana berada.
5. Ambil data bila ada, masukkan ke dalam register internal CPU.
6. Eksekusi (jalankan) instruksi ini.
7. Simpan hasilnya di dalam tempat yang diinginkan.
8. Kembali ke langkah 1 untuk memulai menjalankan instruksi berikutnya.


IV INPUT / OUTPUT
Bus I/O yang terdapat pada PC modern :
1. ISA (Industry Standard Architecture)
2. PCI (Peripheral Component Interconnect)
3. AGP (Accelerate Graphic Port), hanya digunakan untuk VGA
4. USB (Universal Serial Bus)
5. PCI-E (PCI – express)

Internal I/O ports
Pada beberapa PC kita dapat menemukan :
Floppy controller
Serial ports
Parallel port(s)
Keyboard controller
Serial Ports
Transmisi serial berarti mengirim data dari satu unit ke unit yang lain satu bit pada
waktu yang sama. Port ini menggunakan RS-232 sebagai interfacenya. Transfer data dengan menggunakan RS-232 dapat mencapai kecepatan 115.200 bits
per detik dan panjang kabel bisa mencapai 200 meter.

Penggunaan Serial port :
1. Mouse
2. Modem
3. Printer dengan serial interface
4. Digital kamera
5. dll

USB (Universal Serial Bus)
USB menghilangkan instalasi Cards ke dalam PC dan konfigurasi ulang sistem.

Input Device
1. Keyboard
4 macam tipe keyboard:
101-key Enhanced keyboard
104-key Windows keyboard
83-key PC and XT keyboard (obsolete)
84-key AT keyboard (obsolete)

2. Mouse
3. Scanner
4. Microphone

Output Device
1. Monitor
Dua macam tipe monitor :
a. CRT – (Cathode Ray Tube).
b. LCD – (Liquid Crystal Display).
Pixels. Gambar pada layar terbentuk dari pixel (titik kecil), yang tersusun di
layar. Layar terdiri dari antara 480.000 sampai 1.920.000 pixels.
Refresh rate. Menunjukkan berapa kali layar di ”refreshed” setiap detik. Satuan
dar refresh rate adalah Hertz (Hz), yang berarti “times per second”.
Color Depth.Setiap pixels dapat menampilakan jumlah warna yang berbeda.
Jumlah warna yang dapat ditampilkan dinamakan dengan color depth.
Satuannya adalah bits.
Video RAM. Semua video card memiliki sejumlah RAM. Seberapa banyak
tergantung dari color depth. Untuk pemakaian normal biasanya membutuhkan
1, 2 atau 4 MB RAM.
2. Printer
Teknologi Printer :
a.Laser
b.Inkjet
c.Dot Matrix









V STORAGE
Storage unit secara umum dibedakan/diklasifikasikan kedalam 3 jenis yaitu :
1. Internal Storage.
2. Auxiliary Storage.
3. External Storage.
Internal Storage
Internal Storage biasanya disebut sebagai main atau primary storage. Luas
besarnya internal storage untuk menampung data dan instruksi yang menjadi ukuran
besarnya suatu sistem komputer, ditentukan dengan jumlah byte yang ada didalamnya.
Dilihat dari perkembangan mesin komputer, maka primary storage yang pertama
(ENIAC Computer) menggunakan vacuum tube storage. Dan sejak tahun 1950-
hingga saat ini primary storage sudah banyak dikembangkan dengan peralatanperalatan
lainnya.
Auxiliary Storage
Auxiliary storage adalah storage pembantu main storage yang biasanya dapat
menampung data dalam jumlah yang besar, yang tentunya tidak dapat ditampung
seluruhnya oleh main storage, dan berada pada device lainnya diluar Central Processing
Unit.
Contoh Auxiliary Storage :
- Magnetic tape storage.
- Magnetic disk storage.
- Magnetic drum storage.
- Mass storage lainnya.
External storage
External storage sebenarnya sama dengan auxiliary storage yang berfungsi
untuk menampung data yang banyak, namun bukan bagian yang integral
komputer. Dalam hal ini data yang berada dalam external storage ini tidak langsung
dikontrol oleh komputer, meskipun datanya berasal dari main storage.
Media yang digunakan :
- Punched-card
- Magnetic tape unit
- Magnetic disk unit
- Dll
Selama data yang dimasukkan ke dalam salah satu media tersebut diatas akan
disimpan atau dipindahkan dari drive-nya, maka hal ini berarti sebagai external storage.

0 komentar:

Posting Komentar